softskill 4



Nama               : Ummi Zaini Rahmawati
Kelas               : 1PA01
NPM               : 17516483
Mata Kuliah    : Matematika & Ilmu Alamiah Dasar
Tanggal           : 07 juni 2017
Dampak Pekembangan Ilmu Pengetahuan & Teknologi terhadap Kehidupan Manusia Berdasarkan Sudut Pandang Psikologi
Perkembangan iptek merupakan sesuatu yang ammat berguna bagi kehidupan manusia karena dapat meningkatkan peradaban pada manusia dan membawa manfaat luar biasa serta sudah mampu membantu dalam mwmwcahkan suatu masalah yang ada. Misalnya saja, jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, begitupun dengan telah ditemukan formulasi-formulasivbaru aneka kapasitas komputer. Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu religion. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Iptek diyakini akan memberikan masyarakat kesehatan, kebahagiaan, dan imoralitas. Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda, manusia terlalu sering terjebak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan. Kalapun iptek mampu menyelesaikan segala permasalahan yang ada, tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Pada tugas mata kuliah matematika & alamiah dasar kali ini, saya akan membahas dampak dari ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan sudut pandang psikologi. Karena salah satu cabang ilmu psikologi adalah psikologi pendidikan, maka berikut adalah dampak IPTEK dalam bidang pendidikan, antara lain:
a.       Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Sehingga dengan demikian murid dapat mengembangkan aspek kognitifnya secara mandiri karena sumber pengetahuan tidak terpusat hanya pada guru.
b.      Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak.
c.       Sistem pembelajaran tidaklah harus melalui tatap muka, dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
Di samping itu juga, muncul dampak negatif dalam proses pendidikan misalnya: Kerahasiaan alat tes semakin terancam program tes inteligensi seperti tes raven, differential aptitude test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dari permasalahan ini adalah tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa dampak positif dari pada IPTEK memperluas metode-metode pembelajaran yang sistematis. Murid tidak terfokus dan tergantung hanya pada guru atau materi-materi yang ditransfer oleh guru kepada mereka atau yang disebut dengan sistem pembelajaran teacher learning center dalam psikologi pendidikan. Sehingga murid dapat mengeksplor pengetahuannya dengan manambah pengetahuannya melalui situs internet yang dapat dijangkau. Dengan begitu jika terdapat materi yang tidak dipahami oleh murid akan terjawab dan dapat menjelaskan kepada teman lainnya yang tidak paham akan materi tersebut. Dalam psikologi pendidikan metode belajar seperti ini disebut dengan student learning centre. Adapun kesimpulan yang dapat diambil daripada dampak negatif IPTEK, masih banyak orang yang menyalahgunakan tekologi demi mendapatkan keuntungan dan memenuhi kepentingan pribadi  sebagaimana yang telah dipaparkan diatas.
Daftar Pustaka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGUKUR KOMPETENSI

Tugas 4 Artificial Intelligence