softskill 4
Nama :
Ummi Zaini Rahmawati
Kelas :
1PA01
NPM :
17516483
Mata Kuliah :
Matematika & Ilmu Alamiah Dasar
Tanggal :
07 juni 2017
Dampak Pekembangan Ilmu
Pengetahuan & Teknologi terhadap Kehidupan Manusia Berdasarkan Sudut
Pandang Psikologi
Perkembangan
iptek merupakan sesuatu yang ammat berguna bagi kehidupan manusia karena dapat
meningkatkan peradaban pada manusia dan membawa manfaat luar biasa serta sudah
mampu membantu dalam mwmwcahkan suatu masalah yang ada. Misalnya saja,
jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar,
kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis,
begitupun dengan telah ditemukan formulasi-formulasivbaru aneka kapasitas
komputer. Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu religion.
Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Iptek
diyakini akan memberikan masyarakat kesehatan, kebahagiaan, dan imoralitas. Sumbangan
iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri.
Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek
mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern
yang muda, manusia terlalu sering terjebak oleh disilusi dari dampak negatif
iptek terhadap kehidupan. Kalapun iptek mampu menyelesaikan segala permasalahan
yang ada, tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu
menampilkan kenyataan. Kebenaran manusiawi haruslah lebih dari sekedar
kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Pada tugas
mata kuliah matematika & alamiah dasar kali ini, saya akan membahas dampak
dari ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan sudut pandang psikologi. Karena
salah satu cabang ilmu psikologi adalah psikologi pendidikan, maka berikut
adalah dampak IPTEK dalam bidang pendidikan, antara lain:
a.
Munculnya media massa, khususnya media
elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Sehingga dengan demikian murid
dapat mengembangkan aspek kognitifnya secara mandiri karena sumber pengetahuan
tidak terpusat hanya pada guru.
b.
Munculnya metode-metode pembelajaran yang
baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan
teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami
materi-materi yang abstrak.
c.
Sistem pembelajaran tidaklah harus melalui
tatap muka, dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus
mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet
dan lain-lain.
Di
samping itu juga, muncul dampak negatif dalam proses pendidikan misalnya: Kerahasiaan
alat tes semakin terancam program tes inteligensi seperti tes raven,
differential aptitude test dapat diakses melalui compact disk. Implikasi dari
permasalahan ini adalah tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan
pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui
internet tersebut.
Dengan
begitu dapat disimpulkan bahwa dampak positif dari pada IPTEK memperluas
metode-metode pembelajaran yang sistematis. Murid tidak terfokus dan tergantung
hanya pada guru atau materi-materi yang ditransfer oleh guru kepada mereka atau
yang disebut dengan sistem pembelajaran teacher learning center dalam psikologi
pendidikan. Sehingga murid dapat mengeksplor pengetahuannya dengan manambah
pengetahuannya melalui situs internet yang dapat dijangkau. Dengan begitu jika
terdapat materi yang tidak dipahami oleh murid akan terjawab dan dapat
menjelaskan kepada teman lainnya yang tidak paham akan materi tersebut. Dalam
psikologi pendidikan metode belajar seperti ini disebut dengan student learning
centre. Adapun kesimpulan yang dapat diambil daripada dampak negatif IPTEK,
masih banyak orang yang menyalahgunakan tekologi demi mendapatkan keuntungan
dan memenuhi kepentingan pribadi sebagaimana
yang telah dipaparkan diatas.
Daftar Pustaka
Komentar
Posting Komentar